--> Skip to main content

Cara riset keyword yang benar buat pemula

Riset keyword yang benar

Riset keyword adalah tehnik paling ampuh untuk mendatangkan visitor organik dari hasil pencarian digoogle dan search engine lainnya.Namun bagi seorang pemula,riset keyword bisa menjadi bumerang bagi yang belum memahami cara dasar dari riset keyword ini.

Pada kesempatan kali ini SEO gamblang akan berusaha menuliskan cara mudah meriset sebuah keyword tanpa bantuan keyword tools dan menggunakan keyword tool dengan benar dan gratis.Jadi sebelum membahas mengenai cara riset keyword untuk blog ada baiknya kita kenali dulu jenis jenis keyword yang harus kita kenal ya gan.

Jenis jenis keyword

Sebenarnya ada banyak jenis keyword yang harus dipahami,namun untuk aktifitas pemula saya fikir 2 jenis keyword ini saja yang wajib kita ketahui terlebih dahulu.

1.keyword tunggal(short keyword)

Keyword tunggal ialah keyword yang hanya  memiliki 1 frase saja.
Contoh:
  • SEO
  • Blogger
  • Teknologi
  • dsb.
Keyword tunggal semacam ini memiliki tingkat persaingan yang teramat tinggi,jadi keyword semacam ini lebih baik digunakan sebagai bibit keyword saja.

2.keyword panjang(Long tail)

Keyword panjang atau biasa disebut long tail keyword merupakan keyword yang memiliki beberapa kombinasi frase didalamnya.Bisa terdiri dari dua atau tiga frase didalamnya dan bisa juga 4 frase.
Contoh:
  • Riset keyword
  • Membuat blog gratis
  • Membuat templete blog responsive
  • dsb.
Keyword semacam ini memiliki persaingan yang lebih baik dari pada keyword tunggal.Dan keyword semacam inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Perbedaan antara menggunakan keyword tool dan tanpa keyword tool

Sebenarnya perbedaan antara menggunakan dan tak menggunakan keyword tool itu hanya pada topik nya saja.Jika tanpa keyword tool kita diharuskan menggunakan insting dalam menentukan sebuah keyword yang akan dijadikan judul pada artikel kita nantinya,sedangkan keyword tool akan memberikan saran sebuah keyword yang baik untuk membuat artikel dengan judul seperti apa nantinya.

Riset keyword tanpa bantuan keyword tool

Untuk memulai riset keyword tanpa tool ini diperlukan beberapa syarat dasar agar hasil dari riset keyword kita memiliki keberhasilan yang baik.
Syarat dasarnya adalah:

1.Topik

Pemilihan topik dari sebuah artikel dapat disesuaikan dengan Niche blog yang kita miliki.

2.Buat judul bibit

Judul bibit merupakan keyword yang akan kita riset nantinya.

3.Gunakan google search

Setelah bibit judul didapat,kita bisa langsung meriset nya dengan menggunakan google search,mengapa google search?karena google search akan menampilkan keyword keyword yang relevan pada saran pencariannya nanti.

Langkah langkah Testing

Langkah pertama

Riset Keyword
  • Buka google search
  • Ketikkan bibit judul(lihat gambar)
  • Anda lihat kelompok saran yang ditandai?
  • Catat kata kata tersebut
  • Gunakan kata kata tersebut dan masukkan kedalam artikel anda nantinya

Langkah kedua

Riset keyword

Langkah kedua ialah menentukan jumlah persaingan keyword berdasarkan jumlah hasil di pencarian.Anda lihat gambar diatas,yang ditandai lingkaran adalah hasil pencarian artikel,itu merupakan volume artikel atau jumlah artikel pada keyword yang kita bidik,dan menjadi tolak ukur dari nilai persaingan dari keyword yang kita riset,semakin besar jumlah hasil menandakan semakin beratnya tingkat persaingan dari keyword yang kita miliki.Ada yang mengatakan jika angka hasil masih dibawah 5rb berarti nilai persaingannya rendah,jika berada lebih dari 5rb hasil maka nilai persaingannya semakin berat.

Langkah ketiga

menerapkan kata kunci LSI kedalam artikel secara natural.Apa itu LSI?LSI kependekan dari Latent Semantic Indexing,jika diartikan kebahasaan Indonesia adalah index kata yang memiliki keterkaitan dengan pencarian.Letaknya ada dimana?coba lihat gambar berikut
Anda lihat kalimat kalimat yang ada dipenelusuran terkait?itu merupakan LSI keyword dan berfungsi sebagai keyword turunan dari keyword yang anda bidik.

Riset keyword dengan bantuan keyword tool

Banyak sekali tools yang tersedia didumay guna mendukung aktifitas riset keyword yang akan kita lakukan,tool terbaik saat ini adalah google AdWords keyword planner gratis milik google,Uber suggest dan masih banyak keyword tool yang lainnya.Jika ingin menggunakan keyword tool ada baiknya memilih yang mudah untuk dipahami.

Namun kali ini saya akan menggunakan keyword tool berbentuk apk,yang bernama "SECockpit" salah satu google keyword tool versi apk yang free trial.
Kenapa SECockpit,yang pertama ialah karena tool ini free selama sebulan,meski ada versi premium nantinya.Selain itu kita dapat mencari keyword berdasarkan url situs kita,jadi kita bisa membuat artikel lagi nantinya berkat saran keyword yang diberikan oleh SEcockpit ini.

Cara menggunakan keyword tool dari SECockpit.

Download apk nya diplaystore,kemudian download Adobe air sebagai plugin dari SECockpit,SECockpit tak akan berjalan jika diponsel anda tak terinstal plugin dari Adobe tersebut.
Setelah selesai menginstal kedua apk tersebut silahkan buka aplikasi SEcockpit anda.Langkah selanjutnya ialah membuat akun disitus pemilik SECockpit ini.Setelah akun dibuat maka SECockpit pun bisa anda gunakan sebagaimana mestinya.

Pada awal pertama kali anda menggunakan  SECockpit anda akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini pada menu awalnya.
Keyword tool
Nah untuk memulainya mendapatkan saran keyword dari apk ini anda cukup men-tap tanda + besar yang ada dipojok kanan atas layar anda.Lalu akan ada tampilan seperti berikut
Keyword planner
Anda dapat memasukkan keyword langsung dikolom phrase atau jika anda ingin mendapatkan saran keyword berdasarkan url situs anda,anda dapat memasukkan url homepage anda keliling website.Jika anda ingin membuat artikel selanjutnya saya sarankan masukkan url saja kekolom website.Lalu pilih bahasa sesuai dengan bahasa artikel pada kolom language.Pada kolom country merupakan target dari negara visitor nantinya.Sebagai contoh saya akan memasukkan url dari blog ini
Keyword tool
Setelah selesai mengisi kolom yang diperlukan kita tinggal tap start search maka SECockpit akan memulai mencari keyword yang sesuai dengan url blog kita nantinya.Hal ini membutuhkan proses waktu,jadi sambil menunggu kita dapat keluar dari aplikasi dahulu dan membukanya lagi nanti.

Setelah SECockpit berhenti mencari kata kunci yang sesuai dengan situs kita maka akan memiliki tampilan seperti dibawah ini
Keyword tool
Anda tinggal menge-tap hasil dari searching yang anda buat maka akan tampil sekumpulan kata kunci yang sesuai dengan blog anda lengkap dengan volume pencarian dan nilai cpc dari keyword tersebut.

Langkah berikutnya sebagai penyempurnaan riset keyword ini anda bisa menggunakan cara langkah langkah Testing diatas agar lebih baik hasil yang didapat nantinya.gunakan keyword dari hasil saran SECockpit sebagai bahan pencarian digoogle search.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya untuk menyempurnakan SEO anda terlebih dahulu ya gan.bila ingin mengetahui perihal SEO itu apa silahkan anda baca artikel saya yg berjudul optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage

Nah,mudah bukan cara meriset keyword?
Hasil dapat bervariasi,sesuai dengan cara anda melakukan riset.Jadi mulai saat ini,jangan bingung dengan cara cara yang ruwet,ribet dan susah dalam pengimplementasiannya dalam hal riset keyword ini.Semoga yang saya tulis diatas mudah dipahami oleh anda semua.
Salam.


Comments