--> Skip to main content

Cara optimasi SEO on page pada blog

Cara optimasi SEO on page.

Pengertian SEO on page adalah cara cara untuk mengoptimalkan situs yang kita miliki agar mudah dikenali atau dicrawl oleh search engine dalam hal tampilan,speedload juga pengalaman penggunanya.

Proses kerja SEO on page sangat erat kaitannya dengan tampilan blog,jadi bila ingin menerapkan SEO on page langkah awal yang terbaik ialah dengan memperbaiki penampilan blog yang kita miliki,terlebih lagi pengguna blogspot,baik dalam hal warna,penempatan navigasi,kecepatan loading situs dan segala hal yang berhubungan dengan penampilan.

Kita asumsikan bahwa blog kita adalah seorang laki laki yang hendak memikat seorang wanita dalam hal ini wanita tersebut adalah search engine.Blog atau lelaki dengan penampilan buruk sudah pasti tak akan disukai oleh wanita/search engine manapun.

Jadi alangkah baiknya kita perbaiki tampilan blog kita terlebih dahulu sebelum terjun kekancah persaingan agar dapat memikat hati sang wanita/search engine pujaan.

Menerapkan SEO onpage pada blog

Lalu bagaimanakah langkah awal agar blog dapat memikat search engine?Berikut akan saya coba terangkan satu persatu tentang cara memikat search engine melalui tampilan blog yang SEO friendly.3 cara ini merupakan contoh penerapan SEO on page yang baik,yaitu:

1.Pergunakan templete yang responsive

Apa sih yang dimaksud dengan templete yang responsive?jangan terlalu diambil pusing,karena telah banyak situs situs penyedia templete blogger maupun wordpress yang menawarkan opsi responsive,kita hanya tinggal memilih tampilan yang sesuai dengan karakter dan Niche blog kita saja.

Mengapa awal mula kita memulai aktifitas ngeblog dengan memilih templete terlebih dahulu?

Templete diibaratkan baju atau pakaian dari blog yang kita miliki,jika anda salah dalam pemilihan baju bagaimana menurut anda?apakah anda akan tampil menarik?apakah pujaan hati anda akan melirik?

Nah itulah mengapa pada postingan saya kali ini menitik beratkan pemilihan templete pada awal mula kita memulai aktifitas ngeblog.

2.Menerapkan heading tag yang dinamis dan tata bahasa yang baik

Apa lagi nih,kok makin gak ngerti saya?
Tenang gan,diluaran sana banyak kok tutorial mengenai dynamic heading tag,bahkan beberapa templete versi premium pun sudah menyematkan dynamic heading tag script didalamnya,jadi jangan diambil pusing.Saya hanya mencoba menjabarkan bentuk dari SEO onpage yang optimal disini.

Mengapa heading tag dapat mempengaruhi tampilan blog?

Coba anda bayangkan,seorang blogger sebagai seorang pedagang,dan barang dagangan mereka adalah artikel yang terdapat didalam blog,akan tetapi artikel yang mereka sayangkan tak memiliki struktur judul yang jelas! Semua bentuk huruf sama dan datar,apakah ada orang yang mau membeli dagangan mereka?

Itulah letak pentingnya dynamic heading tag,sehingga ada bentuk judul sub judul dan isi dari artikel itu sendiri.

Kemudian tata bahasa,apakah mempengaruhi?

Sangat jelas mempengaruhi,karena target seorang blogger adalah pembaca yang notabene seorang manusia real bukanlah robot,maka struktur bahasa yang mudah dimengerti sudah pasti dibutuhkan,apa lagi bila tata bahasa yang digunakan tersusun secara rapih dan mudah dicerna,hal ini akan membuat para pembaca makin setia pada blog anda.

3.Keyword

Nah untuk satu hal ini saya telah menuliskan ya kedalam salah satu artikel saya yang berjudul Cara riset keyword yang benar buat pemula,semua telah dibahas disana,karena tingkat kerumitannya yang kompleks sehingga apabila saya tuangkan disini mungkin satu artikel ini akan penuh membahas hanya masalah keyword.Jadi silahkan anda baca yah.

Semoga bermanfaat.


Comments