--> Skip to main content

Perbedaan link DoFollow dan link Nofollow dimata search engine

DoFollow vs Nofollow

DoFollow dan Nofollow

Pada artikel ini saya tak akan menjelaskan apa itu DoFollow dan Nofollow ya gan. Melainkan fungsi dari 2 jenis link yang sering digunakan sebagai tautan balik atau backlink buat sebuah web.

Link DoFollow cenderung memberikan limpahan dimana hal tersebut membuat web DoFollow kebanyakan pengunjung atau visitor referal dibandingkan pengunjung organik. Memang hal tersebut dapat meningkatkan jumlah traffic yang signifikan,namun search engine kurang meminati blog yang memiliki jumlah pengunjung referal yang lebih banyak dibandingkan jumlah pengunjung organik.

Hal tersebutlah yang membuat web DoFollow sukar untuk bersaing dengan web Nofollow di serp. Mengapa demikian?
Penyebabnya ialah link yang tertanam dan menjadi DoFollow dianggap tak memerlukan bantuan search engine dalam mendulang pengunjung,sehingga search bot akan memisahkan url yang mengandung link DoFollow dari jajaran serp. Hal inilah yang sering kali disebut oleh para pelaku SEO sebagai url yang terkenal imbas algoritma.

Beda halnya dengan Nofollow. Link Nofollow dianggap sebagai link yang tak perlu dicrawling oleh search bot sehingga search bot menganggap link tersebut tak memiliki peranan dalam memberikan peningkatan traffic kunjungan dari referal atau pihak luar,sehingga search bot akan berusaha menempatkan url dengan link Nofollow dijajaran terbaik didalam serp. Yang mana hal tersebut disesuaikan dengan tingkat SEO yang sesuai dari url Nofollow tersebut.

Kedua link ini mampu mendongkrak peringkat otoritas,trust dan citation. Namun hanya link DoFollow saja yang tak akan di anggap penting untuk mendapatkan pengunjung organik dari search engine.

Maka dari itu banyak pihak penyedia tema web selalu membuat tema yang berisikan script "rel='nofollow' " didalamnya. Karena mereka paham pentingnya link Nofollow didalam sebuah web yang memiliki kebutuhan SEO yang baik.

DoFollow sering kali berkaitan dengan blackhat SEO sedangkan Nofollow selalu akan dianggap sebagai white hat SEO. Jadi buat anda yang memasang tema Nofollow tak usah ragu untuk mencari atau mendapatkan link diweb anda.Karena otomatis link mereka akan menjadi Nofollow tanpa kita aktifkan rel=Nofollow didalam edit artikel.


Comments