--> Skip to main content

cara optimasi seo blog

Sebagai seorang blogger,SEO Tak akan pernah lepas dari keseharian kita berblogging ria.Karena visibilitas blog yang kita miliki tergantung dari bagaimana cara kita menerapkan SEO pada blog kita.

Cara optimasi blog yang baik

Nah kali ini saya akan mengajarkan tips tips cara optimasi blog agar lebih SEO friendly.

1.optimasi SEO onpage


Pada artikel saya yang berjudul Cara optimasi seo onpage dijelaskan berbagai cara untuk mengoptimalkan penerapan SEO onpage pada blog yang kita miliki.

2.optimasi SEO offpage


Pada artikel saya yang berjudul Cara optimasi SEO offpage dijelaskan juga cara pengoptimasian SEO offpage yang baik.

Dari kedua cara pengoptimasian SEO pada blog kita saya akan menitik beratkan pada pengoptimasian artikel terlebih dahulu.
Dimana artikel merupakan konten yang blog kita miliki sehingga konten tersebutlah yang patut dijadikan sebagai bahan optimasi.

Cara cara mengoptimasi artikel:

1.Penggunaan tata bahasa

Sebuah artikel akan lebih menarik untuk dibaca jika menggunakan tata bahasa yang sopan dan mampu dipahami oleh segala lapisan,bahasa utama sebuah blog merupakan salah satu penerapan SEO onpage yang jangan dipandang sebelah mata.Karena penggunaan bahasa yang sesuai kaidah EYD merupakan bahasa yang patut diterapkan diblog

2.Penggunaan tehnik penulisan 5w1h

Apa sih 5w1h itu?ini merupakan tehnik penulisan jurnalistik yang mengacu pada sebab dan akibat
Format 5w1h ialah format terbaik dalam merencanakan sebuah penulisan dalam 1 paragraf lengkap.
Format 5w1h diantaranya:
  • What
  • When
  • Where
  • Was
  • Who dan
  • How
Itu adalah bentuk sebuah pertanyaan yang berdasarkan pada kejadian.Mungkin lain kali saya akan mengupas ini diartikel yang lain.

3.Perbaikan kesalahan kata

Kesalahan pada penulisan kata dapat terjadi pada siapa saja,apa lagi jika kita menulis artikel melalui phonsel yang memiliki fitur to-do-list yang terkadang merubah kata kata yang kita tulis secara otomatis.Sebaiknya sesekali memeriksa karya tulisan anda agar tak terdapat kesalahan dalam penulisan kata tersebut.

4.perbaikan bentuk paragraf

Sebuah artikel yang tak memiliki paragraf bukanlah sebuah artikel yang user friendly.
Kata ini kerap muncul dalam pembahasan forum forum penulis yang ada diluar sana.Jika dikaji lebih jauh memang benar adanya.Sebuah blog yang memiliki paragraf yang tertata rapih dapat membuat betah pembacanya.

5.Penambahan internal link

Jangan anggap remeh tehnik yang satu ini,karena hal ini sangat berdampak pada nilai bounce rate dari blog yang kita miliki.

6.Perbaikan bentuk kontekstual link

Kontekstuallink yang baik adalah jika penempatan baik itu internal atau eksternal link ditanamkan secara alami sehingga mampu dibaca dan dipahami oleh pembaca dalam sebuah paragraf tanpaengubah arti atau makna yang ingin disampaikan oleh paragraf yang kita tulis.
Penerapan kontekstual seperti inilah yang dapat menggiring pembaca untuk mengklik tautan yang ada didalam paragraf tersebut.

7.Perbaikan Deskripsi penelusuran 

Deskripsi penelusuran merupakan identitas dari artikel anda,jadi sebaiknya anda memaksimalkan pemanfaatan fitur ini dengan menyisipkan keyword keyword yang sesuai dengan artikel yang anda miliki.

8.Optimasi Gambar artikel

Cara ini sebenarnya sangat penting,namun kurang perhatian dari kita para publisher,padahal dari gambar ini kita dapat menanamkan keyword yang terbidik via title teks dan alt teks yang terdapat pada fitur properties gambar yang kita upload.

Nah itulah beberapa kiat saya dalam upaya mengoptimasi blog yang kita miliki.Bila anda lupa akan hal ini,mungkin sudah saatnya untuk anda menerapkan cara optimasi blog diatas,hal ini berguna untuk meningkatkan performa blog kita dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik.
Semoga bermanfaat


Comments